Dunia Santri

Link untuk Download Logo Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021

Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 22 Oktober setiap tahun menjadi peringatan Hari Santri melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan tanggal ini merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad yang digagas oleh kalangan kiai Nahdlatul Ulama (NU) itu yang dikomandoi oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak penetapan Hari Santri pada tahun 2015, berbagai pihak setiap tahun secara rutin menggelar peringatan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU). Lembaga yang berada dalam naungan PBNU itu merupakan asosiasi pondok pesantren se-Indonesia.

RMI-NU setiap tahun menetapkan tema beserta logo yang bisa digunakan oleh berbagai pihak untuk memeriahkan hari yang sangat bersejarah bagi kaum sarungan tersebut. Untuk tahun ini, tema yang diangkat yakni “Bertumbuh, Berdaya, dan Berkarya”.

Berikut ini link untuk download logo Hari Santri 2021 yang dirilis oleh RMI-NU melalui situs resminya dalam berbagai format:

Logo Hari Santri  2021 versi JPG >> Download

Logo Hari Santri  2021 versi PNG >> Download

Logo Hari Santri  2021 versi PDF >> Download

Logo Hari Santri  2021 versi PSD >> Download

Logo Hari Santri  2021 versi EPS >> Download

Maksud Penetapan Hari Santri

Ada beberapa maksud mengapa harus ada Hari Santri 22 Oktober.

  1. Rekognisi negara atas perjuangan santri dan pesantren.
  2. Generasi sekarang mendatang dapat mencontoh, meneladani, dan melanjutkan perjuangan ulama-santri. pesantren, baik dalam mempertahankan NKRI.
  3. Meneguhkan khitah pesantren itu sendiri agar tetap berkomitmen terhadap misi perjuangan para pendahulunya.

Dibaca 679 x, Total 6 x

Leave a Reply

Your email address will not be published.